Senin, 03 Juni 2013

Riset: Lihat Diri Sendiri di Facebook Bikin Bahagia

Riset: Lihat Diri Sendiri di Facebook Bikin Bahagia


http://images.detik.com/content/2013/06/03/398/1dlm.jpgIlustrasi (ist)
Wisconsin, AS - Melihat profil diri sendiri secara rutin di Facebook bisa meningkatkan mood dan kebahagiaan. Itulah kesimpulan sebuah studi yang diselenggarakan University of Wisconsin-Madison di Amerika Serikat.

"Kebanyakan user punya teman yang banyak dan (di Facebook-red) mereka menampilkan versi terbaik dari dirinya sendiri secara akurat," sebut Catalina Toma, akademisi yang melakukan penelitian ini.

"Kami meminta partisipan melihat profil diri merka sendiri selama lima menit dan menemukan bahwa mereka mengalami peningkatan harga diri. Facebook memberi Anda citra yang bagus dari diri sendiri," jelasnya.

Dalam studi ini, Toma meminta partisipan melihat profil Facebook mereka dan mengukur apakah mereka merasa positif atau negatif setelahnya. Ternyata mereka cenderung merasa lebih positif.

Namun demikian, ada juga dampak buruknya. Dalam tes selanjutnya, mereka yang suka mengakses Facebook performanya kurang baik dalam ujian dibandingkan yang tidak mengakses.

"Motivasi Anda untuk berperforma baik mungkin menurun karena Anda sudah merasa dalam keadaan sangat baik," pungkas Toma yang detikINET kutip dari DailyMail, Senin (3/6/2013).

sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar